Rock For The Clever People

Tuesday, August 15, 2017

Bagaimana sebuah musik dapat membuat nyaman untuk di dengar, bagaimana lirik pada sebuah musik dapat menyentuh perasaan mu atau bagaimana sebuah musik dapat merubah suasana hati pendengarnya. Bahkan aristoteles pernah berkata bahwa sebuah musik itu punya kemampuan untuk mendamaikan hati yang gundah, seabagai terapi kreatif dan bisa menumbuhkan jiwa patriotisme katanya. Ahh aku ingin membahas bagaimana ketika sebuah musik yang ku dengar dapat merubah sudut pandang dan sangat mempengaruhi diri ini.

Beberapa saat setelah kita keluar dari era BritPop dimana pria-pria berpakaian kemeja kebesaran, menggunakan kacamata, melantunkan beberapa lagu akustik dengan lirik yang revolusioner serta menyayat hati pula dimana sedang sangat hype pada tahun 90an saat itu. Datanglah band rock intergalaksi yang diisikan oleh tiga pemuda dari kota kumuh nan terpencil Devon. Namanya adalah Bellamy, Matthew James Bellamy salah satu frontman favorit ku dengan permainan gitar progessive rock-nya, komponis dari beberapa lagu tentang kehidupan, konspirasi, politik, maupun cinta yang iya telah tulis, ritme piano elegan yang iya mainkan, dan suara falsetto yang mengiringi nyanyiannya. Bagaimana mungkin sebuah lagu rock dapat sangat menginfluence diri ini. Inilah yang terjadi ketika saya mendengarkan lagu-lagu yang mereka miliki, saya merasa mendengar sebuah komposisi lagu rock yang menawan dan elegan. Bagaimana mungkin sebuah lagu rock bisa terdengar dan terasa sangat menawan. Apa yang membuat band ini begitu menawan, mungkin, adalah eksentrisitas mereka yang terus berlanjut. Reputasi mereka untuk teori konspirasi aneh yang melibatkan futurisme, supranatural, politik, dan perdamaian dunia.

Bellamy adalah seorang gitaris electric dengan sentuhan lembut, imajinasi berani dan genius. Dia menggabungkan motif klasik ke riff dan lead-nya, kadang-kadang bermain solo dengan manson yang ia miliki. Dan dia juga bermain piano flamboyan, dan bernyanyi seperti anak laki-laki paduan suara layaknya Freddie Mercury. Bagiku dia adalah salah satu band leader paling berbakat sejak Prince. Didukung oleh bagian ritme Dominic Howard dan Chris Wolstenholme, yang menawari permainan drum dan bass berteknologi tinggi untuk menunjukkan bahwa mereka dapat menghasilkan suara monumental tanpa pemimpin band mereka. Ketika saya sudah mendengar semua lagu-lagu mereka sejak era showbiz sampai dengan drones, ini adalah pengingat kuat mengapa rock telah menjadi bentuk musik live yang dominan pada peristiwa besar selama beberapa dekade.

"Extraordinary musicians, who let their madness show through (are) always a good thing in an artist". Itu adalah kata-kata pujian yang d keluarkan oleh Brian May, gitaris dari band rock legendaris Queen kepada Band ini yaitu MUSE. Yaa saya sedang membicarakan british rock band yang saya gemari, dan mungkin saya akan menggemari musik mereka sampai saya tua nanti. Muse dapat menyalurkan Queen, Black Sabbath, Deep Purple, Ya dan Led Zeppelin (dan juga Enio Morricone, Jeff Buckley, Metallica dan Radiohead) namun mereka membuat semuanya terdengar segar dan kontemporer lagi. They are one hell of a band. Inilah yang akan ku bahas saat ini, Band Rock favorit ku dengan warna musik mereka yang sangat ku kagumi MUSE Rock for Clever People.

“Musik rock untuk orang-orang pintar" terdengar terlalu sombong untuk mengambarkan sebuah band space rock asal inggris ini. Namun itu adalah tag yang diberikan kepada mereka oleh kritikus musik rock yang tak terhitung jumlahnya - dan tag itu merupakan salah satu yang trio Inggris Muse temukan paling lucu. 


"Musik yang kami buat memiliki banyak kedalaman untuknya Jadi, saya akan mempertimbangkan orang-orang yang mendengarkan musik kami yang keren, cerdas dan berintelek," drummer Dominic Howard mengatakan pada TODAY dengan tawa dalam sebuah wawancara telepon dari rumahnya di London. Mengingat ketiga personil Muse semua bergelar “doktor S3″ Universitas Plymouth pada tahun 2008. Kalau tidak salah mereka mendapat gelar S3 dibidang musik dan ini menunjukan bahwa anak band yang jago bermusik tidak berarti mereka “liar”, brutal, urak-urakan ataupun anarkis, tetapi berpendidikan tinggi.

Tapi, sebelum kamu berpikir Howard menganggap dirinya serius, dia menangis terbahakk-bahak dan berkata. "Kau tidak harus pintar seperti kita," katanya, meyakinkan. "Musik adalah tentang memprovokasi emosi Jika kamu merasakan sesuatu untuk apa yang kita lakukan, itu bagus sekali." Ahh itulah yang dikatakan drummer band ini.






Space dementia salah satu judul lagu mereka, tanpa ritme gitar yang berat lagu yang di dominan permainan piano oleh matt ini dan suara falsetto-nya. Menunjukkan kepada ku bagaimana sebuah lagu rock bisa terasa sangat memukau dan layaknya kita berada di sebuah opera, padahal ini lagu rock. Atau kau bisa juga dengar Butterflies and Hurricanes ini semua tentang Gitar elektrik, alunan piano yang elegan, petikan bass yang keren, serta drum yang menghentakkan jiwa. Aahh ini terlalu bagus untuk komposisi sebuah lagu rock menurutku, "This song is about finding hope and fighting things to make the best out of such situations. And this probably can be connected to a certain absolution.

Inspirasi lagu yang dibuat oleh bellamy, biasanya berasal dari buku-buku yang ia baca. Mengenai teori konspirasi, tentang luar angkasa, permasalahan global, maupun tentang arti kehidupan. Ya tapi adakalanya juga ketika seorang penulis dibalik lagu-lagu yang di bawakan Muse, sedang berada di moods yang mellow maka lagu galau, melankolis band rock ini pun tercipta. Sebut saja “Love is Forever” lagu yang merupakan soundtrack dari film romance tentang vampir-vampir, kesukaan remaja pada zaman ku, ahh aku bahkan tidak peduli dengan filmnya. Yang jelas saat itu aku menonton filmnya dikarenakan Muse mengisi Ost dari film tersebut. Atau kau mungkin pernah mendengar unintended aah lagu itu selalu terbaik bagi kalian yang bertype melankolis. Bisa juga mendengar mereka mencover can’t take my eyes of off you nya Frankie Valli, lagu cinta yang dibawakan dengan gaya rock mereka tetap memikat hati ini. Bagaimana dengan Falling away with you? Kau tahu liriknya selalu menjadi kesukaan ku, nada tinggi suara matt, dan sounds dari manson yang iya petikan yang membuat eargsm.




Muse dan Radiohead ? Kenyataan bahwa banyak kritikus musik yang telah lama membandingkan Muse dengan Radiohead salah satu band terkenal dari inggris. Ya karena pertama kali Muse mengeluarkan album Showbiz, di album itu memang muse sangat persis terdengar seperti radiohead. Suara vokalisnya dan teknik menyanyinya yang mirip, warna musik yang mirip juga. Aku juga menggemari Radiohead bagaimana tidak Thome Yorke adalah frontman yang genius, lagu-lagu yang mereka bawakan sangat badass, dan kau mungkin belum pernah mendengar warna musik yang seunik mereka pada band lain, Radiohead is really good. Jika dibandingkan dengan Muse mungkin lagu-lagu Radiohead banyak yang jauh lebih baik, namun seterpukaunya aku kepada band experimental rock yang notabanenya sama-sama merupakan British Rock itu, aku tetap menyukai Muse. Muse mungkin bukan salah satu band legendaris dari British seperti mereka, namun mereka punya cara sendiri untuk mengimprove musik rocknya, dan mereka punya identitas sendiri mengenai warna musiknya yang sekarang mereka terus kembangkan, dimana aku sangat menyukai hal itu. 

Mengutip Bellamy yang mengatakan: "Ada dua cara untuk membuat musik baru: Kamu dapat melakukan sesuatu yang benar-benar baru dan menyegarkan atau kamu dapat mengerjakan konsep yang sudah ada, menambahkan sesuatu ke dalamnya. Hal pertama yang sulit dilakukan, sebenarnya itu hanya mungkin (dengan) membuat suara baru dengan komputer. Cara kedua adalah mengoreksi sesuatu. Sebenarnya ada juga pilihan ketiga yang melakukan sedikit dari keduanya. Kid Radiohead adalah contoh bagusnya. Itulah yang sedang kita lakukan, melihat masa lalu dan mencoba membuat kemajuan”.

Mungkin Muse pernah di bandingkan dengan Radiohead karena kemiripan warna musik yang mereka bawakan, suara vokalis yang mengandalkan falsetto di beberapa lagunya. Ahh tapi tidak ada yang lebih menawan dan elegan dari musik yang di bawakan dari Trio dari inggris ini, they are the best, they've grown up, they're better at playing theirs instruments. They've taken in so many different influences, films and music




You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Search This Blog